5 Gerakan Yoga untuk Pemula yang Bisa Dilakukan di Rumah

14th Dec 18 1:45 am

Banyak sekali manfaat yoga yang sudah tak perlu diragukan lagi bagi kesehatan tubuh. Dengan rutin melakukan yoga, Ibu bisa mengurangi stres dan membuat tubuh bisa merasa lebih rileks, bahkan yoga baik untuk menurunkan berat badan.

Tak perlu khawatir jika Ibu sibuk dan tak sempat datang ke kelas latihan yoga, karena Ibu bisa langsung mencoba gerakan yoga untuk pemula berikut ini dirumah sendiri. Selain itu, 5 gerakan olahraga yoga berikut ini juga cocok untuk Ibu yang sebelumnya jarang berolahraga karena gerakan senam yoga untuk pemula ini mudah untuk dipraktikkan sendiri.
 

Seated Yoga Pose

Sebagai pemula, Ibu harus menguasai cara duduk yang benar. Gerakan duduk yang baik dalam yoga adalah duduk bersila dengan posisi tubuh tegap, dada membusung ke depan, kepala diangkat ke atas serta rileks. Gerakan Seated Yoga Pose ini bertujuan untuk menguatkan otot dan merilekskan tubuh.

 

Standing Yoga Pose

Gerakan yoga selanjutnya adalah Standing Yoga Pose. Untuk melakukan gerakan ini, pertama-tama Ibu ambil posisi berdiri lalu buka kaki secukupnya. Angkat kaki kanan menghadap ke atas hingga membentuk sudut 45 derajat, kemudian tangan kanan meraih kaki kanan tersebut. Bertumpulah dengan kaki kiri sambil lurus disebelah kaki, sedangkan tangan kiri  mengarah lurus ke depan. Usahakan pandangan mata Ibu juga harus mengikuti arah tangan kiri. Gerakan ini baik bermanfaat untuk membentuk tubuh Ibu dan membantu peregangan di tubuh pada bagian depan seperti bahu, perut, dada, dan pinggul.

 

Child Pose

Untuk melakukan gerakan Child Pose ini, pertama-tama Ibu bisa melakukannya dengan mengambil posisi duduk bersimpuh, lalu condongkan badan ke depan hingga paha dan kepala bisa menyentuh lantai. Lalu, julurkan tangan ke depan dan hitung selama beberapa detik. Tutup mata Ibu dan tarik nafas dalam-dalam, tahan selama kurang lebih dua menit. Gerakan yoga untuk pemula ini sangat simpel namun Ibu akan merasakan efek yang lebih banyak daripada gerakan sebelumnya, yakni melatih alat pernapasan, sebagai peregangan pinggul, paha depan dan punggung.

 

Back Pain Pose

Gerakan ini sangat berguna untuk melatih otot punggung dan membantu menyembuhkan cedera pada otot punggung. Gerakan ini diawali dengan tidur telentang, lalu tekuklah kaki sambil mengangkat pantat secara perlahan hingga membentuk sudut 450. Letakkan tangan di samping kiri dan kaki dalam posisi yang rileks. Gerakan Back Pain Pose ini berguna untuk membuat posisi tulang menjadi lurus dan tegak serta mencegah tubuh bungkuk, karena tulang belakang dilatih dengan cara ditekuk berlawanan arah dengan kebiasaan kita sehari-hari.

 

Upward and Downward Facing Dog

Gerakan yang satu ini akan melatih banyak otot serta kekuatan tangan, bahu, lengan, dan juga tulang belakang  dan perut menjadi kencang. Untuk melakukannya, buat posisikan tubuh telungkup, lalu angkat tubuh lebih tinggi dengan menggunakan kekuatan kaki dan tangan. Posisi tangan dan kaki harus sejajar lurus, begitu juga dengan punggung menghadap ke atas hingga membentuk posisi busur. Tahan gerakan ini selama 5-10 hitungan atau 1 menit sambil mengatur pernapasan dengan baik.

Leave a Reply